Home » , , , » Icip-icip Kuliner Khas Suroboyo

Icip-icip Kuliner Khas Suroboyo


Kuliner Surabaya yang khas dengan rujak petisnya, mampu memikat para pecinta kuliner Nusantara, terutama masakan khas Jawa Timur. Nah, jika Anda mampir ke ibukota Jawa Timur ini belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas Surabaya yang kondang menggoyang lidah.

Tahu Tek Pak Ali (jalan Dinoyo 147-A). Tahu Tek atau Tahu campur khas Pak Ali memiliki cita rasa khas dengan campuran petis yang sedap. Tahu tek spesial ini ditambah irisan kentang, taoge serta kerupuk. Seporsi dibandrol Rp8.000 plus telur. Saking larisnya, tak jarang artis dan para tokoh penting biasa bersantap di tempat yang mulai beroperasi jam 4 sore ini.

Rujak Cingur & Sop Buntut Genteng Durasim (Jl. Genteng Durasim 29). Menu rujak cingurnya tersohor di seantero Surabaya. Petisnya menggunakan 3 petis sekaligus yaitu petis ikan, petis udang, dan petis biasa. Rasanya enakk.. bangett! Rujak spesial dibandrol Rp20.000, sedangkan yang biasa Rp12.000. Selain itu menu sop buntutnya juga sayang buat dilewatkan.

Selain Rujak Cingur Genteng Durasim, Anda juga boleh mencicipi Rujak Cingur Achmad Jais (Jl. Achmad Jais No. 40) yang istimewa. Kenapa ? Depot rujak cingur yang tak pernah sepi pembeli ini sudah keliling dunia, bahkan pelanggannya tak main-main, orang nomor satu di Indonesia, Presiden SBY pun pernah memesan.

Makanan khas Jawa Timur lainnya adalah Nasi Krawu Ampel Lonceng (Jl. K.H. Mansyur No. 164-166). Nasi khas Madura ini mirip seperti nasi campur atau nasi rames, hanya saja lauknya khas. Di antaranya ati-ampela, usus, babat, cingur, bahkan mata sapi.

Lauk yang tak boleh ketinggalan adalah empal yang ditaburi bumbu serundeng kelapa yang gurih. Nasi krawu bisa dinikmati cukup merogoh Rp7.000 saja.

Jajaran pedagang kuliner khas Surabaya juga dapat dijumpai di Jalan Kranggan. Salah satu yang paling terkenal kelezatannya sejak 1956 adalah Lontong Balap Pak Gendut (Jl. Kranggan Surabaya Utara). Harganya murah Rp5.000 dan sate kerang dijual Rp500/tusuk. Konon banyak artis yang mampir ke tempat ini. Sebut saja Ahmad Dhani pentolan grup Dewa 19 yang juga penggemar makanan Surabaya.

Pokoknya, dijamin enggak rugi bila Anda wisata kuliner di Surabaya. Beraneka masakan nikmat yang istimewa dibandrol dengan harga yang murah. Ayo rekk.. mlaku-mlaku ning Suroboyo !


Sumber: kapanlagi

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Informasi Aktual - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger