Home » , , , » Cara Pakai Car Cover

Cara Pakai Car Cover


Car cover atau penutup mobil jamak dibeli oleh pemilik kendaraan. Gunanya untuk melindungi cat mobil dari faktor eksternal. Mulai dari faktor cuaca, panas sinar matahari dan hujan, debu, bahan kimia seperti kotoran burung atau getah pohon hingga binatang seperti kucing yang doyan tidur di kap atau atap mobil.

Namun peranti ini bisa menjadi bumerang. Maksudnya ia malah bisa membuat rusak cat mobil bila pemakaiannya salah. Timbulnya bercak atau noda, baret halus bahkan sampai menempelnya material selimut mobil itu sendiri.

Nah, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan saat memakai selimut mobil, yaitu sehabis hujan lalu berganti dengan terik matahari. Begitu hujan usai, segera lepas selimut mobil anda.

Material car cover Anda memang bisa mencegah air tembus (water proof). Namun, udara yang dingin bisa menimbulkan embun yang membuat bodi mobil menjadi basah. Kalau Anda biarkan hingga kering, bisa menimbulkan bercak atau noda pada cat mobil.

Ritual membersihkannya tidak ada yang spesial. Setelah penutup Anda buka, siram seluruh bodi menggunakan air bersih. Makin mantap kalau Anda basuh juga dengan sampo mobil untuk menggusur partikel kotoran yang menempel. Setelah itu dibasuh kembali dan langsung keringkan dengan lap berbahan lembut.

Oh ya, car cover yang basah itu jangan langsung dipakaikan kembali ke mobil. Keringkan terlebih dahulu kedua bagiannya (luar dan dalam). Caranya dengan mengelap menggunakan kain atau secara alami memanfaatkan kekuatan angin dan matahari.Setelah kering baru Anda bisa gunakan lagi untuk menutupi mobil.

Sekarang masalah panas terik matahari. Benar, beberapa car cover mengklaim dilengkapi teknologi anti sinar ultra violet, plus kemampuan menahan panas matahari dan sistem pernapasan (poripori) untuk melepaskan uap panas dari balik cover.

Namun, bagi kita yang hidup di negara tropis dengan matahari yang terik, mesti waspada saat memakai car cover di tengah sengatan matahari.

Sinar matahari yang terik bisa memanggang logam hingga terasa sangat panas. Ini karena material metal menyerap panas lebih banyak dan mentranformasikannya dalam bentuk panas.

Panas dari bodi mobil dan uap panas yang ditimbulkan bisa menyebabkan sebagian material selimut menempel ke bodi mobil. Umumnya cat pelapis car cover, tapi kadang car covernya sendiri lengket ke bodi mobil.

Jadi kalau panasnya terlalu terik, lebih baik lepaskan car cover terlebih dahulu. Kemudian pindahkan mobil ke tempat yang sedikit lebih teduh, baru pakaikan lagi selimut mobil tersebut.

Cara Memasang Car Cover

Kalau selimut mobil Anda dilengkapi dengan kantung kaca spion, maka Anda pertama kali mesti memasang bagian tersebut pada tempatnya.

Kalau kedua kantung sudah menutup spion, mulailah menyelubungi bagian atap. Ingat, jangan ditarik atau diseret covernya, usahakan diangkat untuk menghindari baret-baret halus.

Jika kantung spion tidak ada, mulailah menutupi mobil dari bagian atap. Lalu berlanjut ke bagian lain. Bagian bumper depan dan belakang merupakan bagian terakhir yang diselubungi.


Cara Membuka Car Cover

Jangan membuka car cover dengan cara menariknya. Hal ini dapat menimbulkan baret-baret halus pada cat mobil. Penyebabnya adalah pergesekan material car cover dengan bodi mobil atau partikel-partikel debu yang sangat halus.

Cara terbaik adalah dengan mengangkatnya. Mulailah dari bagian depan ke belakang. Jangan lakukan kebalikannya. Sebab dapat menyebabkan antenna bengkok atau bahkan patah, terutama bagi mobil-mobil yang menggunakan antenna tengah seperti Nissan Grand Livina. Kalau terlalu berat atau besar, sebaiknya minta pertolongan dari rekan.


Memilih car cover

Lihat tipenya. ada car cover yang khusus untuk dalam ruangan (indoor) saja. namun, kebanyakan ada yang bisa dipakai di dalam dan di luar garasi (outdoor).

Lihat ukurannya. Beli penutup mobil yang sesuai dengan ukuran. kalau terlalu kecil ia tidak akan menutup mobil dengan sempurna. Jika terlalu besar akan merepotkan saat memasang atau melepasnya serta akan mudah lepas ketika ada hembusan angin.


Sumber: autobildindonesia

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Informasi Aktual - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger